Saturday, October 6, 2012

Jenis-Jenis Gladiator


Jenis Jenis Gladiator


Lah romawi lagi...gappa lah...admin emang suka ama sejarah romawi ama yunani..jadi kemungkinan 68% artikel sejarahnya sejarah romawi..hehehehhehe udh lah basa basinya..back to topic

Gladiator adalah orang-orang yang akan berjuang sampai mati pada masa Romawi kuno. Bangsa Romawi menikmati pertarungan ini sebagai hiburan. Jika penonton memberi mereka jempol ke bawah, itu berarti "belas kasihan pemakaman." Gladiator pertama kali dikenal sejak perang Punic pertama pada tahun 264 SM. Junius Brutus (Decimus Iunius Brutus Scaeva) seorang bangsawan dan kedua putranya, Marcus dan Decimus, menghidupkan kembali kebiasaan Etruscan memiliki budak pertarungan dalam sebuah upacara pemakaman seorang pemimpin besar. Hal itu diyakini korban akan menyenangkan para dewa. Dalam upacara, yang berlangsung
 di Boarium Forum, tiga pasang budak bertempur sampai mati. Gladiator Sebagian besar adalah tawanan perang, penjahat, atau budak. Mereka dilatih di sekolah, yang dimiliki oleh pemerintah Romawi. Mereka menggunakan pedang kayu untuk pelatihan. Pada perkelahian gladiator, danau buatan yang kadang-kadang digunakan. gladiator terkadang juga melawan kapal. Ketika danau buatan manusia itu tidak digunakan, mereka akan melawan binatang liar. Harimau, kerbau, singa, beruang, gajah, dan hewan apa yang bisa mereka temukan baik akan dibantai atau tukang daging seorang budak. Pertarungan berlangsung selama sekitar 700 tahun. Di jaman modern modern olahraga seperti tinju dan gulat mengambil akar dari perkelahian gladiator.
tipe yg dicantumkan dibawah bukan semuanya..tapi yg beken aja



Tipe2 Gladiator

   1. The Secutor

Secutor("pemburu") diciptakan untuk melawan Retiarius. sebagai varian lain dari Murmillo,
mereka memakai armor dan senjata yang sama, beserta perisai persegi panjang dan pedang gladius,Helmnya meliputi seluruh wajahnya kecuali dua lubang di mukanya untuk melindungi mukanya dari trisula musuhnya(Retiarius), dan helmnya juga bulat sehingga    jaring Retiarius tidak akan tersangkut di helmnyaa.


2. The Retiarius

Retiarius bermakna "net fighter"(artiin ndiri gih..admin mah dah ngerti) dikembangan pada zaman Augustan.mereka membawa Trisula, sebilah pisau dan jaring. mereka melindungi lengannya dengan manica+galerus(manica:pelindung lengan,galerus:pel.bahu kiri,lihat gambar) yang memanjang dari bahu kiri sampai tangan.taktiknya adalah melempar jaring untuk melumpuhkan lawannya dan membunuhnya dengan trisulanya.

3. The Hoplomachus

Armed Fighter adalah arti dari hoplomachus.menggunakan pelindung kaki yg memanjang seperti celana panjang(yaiyalah...panjang seperti celana panjang..admin e koplak).dengan manica di bagian tangan yang memakai senjata(gambar) dan helm dengan style ala murmillo dengan hiasan bulu di atasnya.mereka menggunakan tombak panjang yang memungkinkan mereka dapat membunuh dari jarak jauh(baca:missile unit).ketika Augustus menjadi Caesar, namanya berubah menjadi Samnites.
4. The Mirmillo

 Murmillo/Mirmillo adalah gladiator yang memakai Helm berbentuk ikan(mormylos:ikan laut), lengkap dengan pelindung tangan dari besi(manica),juga pelindung kaki dari besi, jenis ini membawa perisai panjang ala legiun Roma(scutum) dan pedang gladius sepanjang 40-50cm. biasanya Murmillo bertarung dengan Thraecis/Thraex atau Retiarius
5.Thraex(Thrachian-Orang Thrakhia)


Thracian adalah budak petarung kelas ringan yang membawa perisai kecil berukuran persegi yang disebut Parma dan pedang melengkung yang disebut dengan Sica. Helmnya memiliki puncak besar dalam bentuk griffin. Mereka menggunakan pelindung kaki yang sangat tinggi, yang sampai ke atas paha. Thracians selalu berjuang melawan gladiator kelas berat (biasanya murmillo atau hoplomachi).
6.Dimachaeri
 















Dimachaeri(yunani:memakai dua pedang) adalah gladiator yang menggunakan dua pedang(gambar).Mereka cukup bagus diadu dengan petarung berat seperti murmillo atau hoplomachi.
7.Equites
Equites(Latin/Bhs Romawi:horseman) adalah satu-satunya tipe gladiator yang menunggangi kuda. galdiator jenis ringan ini memakai scale armour(armor sisik), sebuah tameng berukuran sedang untuk kavaleri(parma equestris) dan helm tanpa jambul, tapi dengan dua bulu hiasan. namun di zaman kekaisaran, mereka memakai manica, dan jubah(gambar), berbeda dengan gladiator lainnya yang biasanya bertelanjang dada.
8.Provocator(Challenger-Penantang)




Gladiator tipe Legiun Standar Romawi, terlihat di gambar, provocator memakai tameng khas legiun, scutum, dan pedang gladius. dengan manica di tangan kanan dan pelindung dada, gladiator ini masuk tipe berat. di zaman kekaisaran, tipe ini lebih terlihat seperti "moyangnya", legiuner.tipe ini juga satu-satunya tipe gladiator yang memakai pelindung dada.*note:equites tidak memakai lempeng besi di dadanya, mereka hanya memakai pakaian dari kain yang tebal
9.Cataphractarius

Dengan plate armor di seluruh tubuhnya(yang di badan sepertinya lorica segmentata).Bisa dibilang ini adalah very heavy gladiator.dari namanya terlihat bahwa gladiator ini terinspirasi dari armor pasukan berkuda Cataphract dari persia.
10.Andatabae
Gladiator jenis ini dilatih untuk bertarung tanpa mengandalkan idera penglihatan. Mereka umumnya diberi helm tertutup tanpa lubang mata, sebuah pedang, dan sebuah perisai pelindung. Mereka umumnya dihadapkan dengan sesamanya.

gimana???keren2 gak???favorit pembaca yg mana???submit di komen ya....
Sumber
Kaskus:Thread "All About Gladiator, Kill or be Killed" by agan level33..baca deh threadnya kalau mau tahu lebih tentang gladiator

Terimakasih buat yg baca...semoga bermanfaat..kalo mau kopas semua linknya disertai dan jangan lupa signature admin blognya ya...
 
Admin on Duty
Admin E

oh ya ini artikel susah bgt dibikin...pertama2 error gak bisa dipublikasikan...waktu dibuat lagi gerak2 sendiri tulisannya ky yg cocokin gitu biar pas..any solution??

No comments:

Post a Comment